WordPress.com baru-baru ini meluncurkan fitur baru bagi penggunanya, yaitu Slideshow. Fitur ini memungkinkan kita untuk menyisipkan animasi gambar dalam bentuk slideshow. Sebelumnya WordPress.com juga mengenalkan fitur Gallery yang hanya menampilkan foto-foto saja tanpa animasi.

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, wordpress.com tidak mengizinkan kita memasang javascript di blog versi gratisnya, padahal penggunaan animasi slideshow ini tidak akan lepas dari yang namanya javascript. Untuk dapat menampilkan animasi gambar, maka pengguna dapat menggunakan shortcode (kode pendek), yaitu sebuah kode yang disisipkan di bagian postingan, sehingga ketika halaman blog dibuka, maka secara otomatis gambar yang kita unggah (upload) pun akan ditampilkan dalam bentuk slideshow. Berikut adalah cara-caranya.

  1. Buatlah sebuah tulisan baru (new post), atau kita juga bisa mengedit posting yang telah dibuat.
  2. Klik tombol media (tambahkan sebuah gambar). Lihat gambar di bawah ini.
  3. Pilihlah gambar-gambar yang hendak kita unggah. Kita tidak dibatasi berapa jumlah gambar yang hendak ditampilkan.
  4. Setelah semua gambar diunggah, simpan (save) seluruh perubahan yang ada. Selanjutnya kita akan dihadapkan pada tab Gallery.
  5. Kustomisasi pengaturan. Perhatian: kita hanya dapat melakukannya sekali setting saja.
  6. Yang terakhir kemudian klik tombol sisipkan slideshow.

Setelah semuanya dilakukan, kita akan diberikan shortcode seperti di bawah ini:

Dengan shortcode tersebut, kita dapat mengatur letak slideshow yang hendak ditampilkan, apakah di atas konten, di tengah, maupun di bawah. Cukup meletakkan shortcode tersebut di bagian manapun di postingan.

Catatan: Semua gambar yang ditampilkan dalam bentuk slideshow di atas hanyalah gambar-gambar yang dilampirkan dalam judul postingan yang kita buat. Kita tidak bisa menampilkan gambar yang dilampirkan di postingan lain, kecuali kita melampirkannya ulang dalam posting.

Sebagai contoh, saya telah memposting Cara Menampilkan Gallery Foto di WordPress.com sebagai contohnya, silakan dilihat, dan juga dipraktikan.