Pusing, pening, bingung, menyebalkan dan ingin muntah (emang sampai segitu ya?) itulah salah satu hal yang ditimbulkan saat kita lagi asik2 browsing surfing dan krosing (eh yang terakhir engga dink) namun web yag mau kita kunjungi alias mau kita buka di blok alias ditutup sama admin jaringannya… uwhhhh sebel deh (sok imut ya?) jadi ngga bisa brosing2 n surfing2, padahal lagi pengen n kebelet banget.. aduh2 Pernah mengalami hal kaya diatas??

Proteksi Alamat IP

Proteksi terhadap akses internet sangat beragam dan salah satunya adalah proteksi berdasarkan alamat IP. Dengan proteksi semacam ini, komputer-komputer tertentu akan diijinkan untuk akses internet atau di blok. Melewati proteksi semacam ini bisa mudah dan juga bisa susah.

Mudah jika sang admin membuat peraturan yang mengatakan, “Semua boleh menggunakan internet, kecuali komputer dengan alamat IP ini, ini, dan ini.” Keadaan akan sulit jika sang admin membuat peraturan yang mengatakan, “Semuanya tidak boleh menggunakan internet, kecuali ini, ini, dan ini”. Asumsinya adalah range alamat IP (class IP) tidak seluruhnya digunakan (karena inilah yang selalu terjadi).

Untuk mencba melewati proteksi yang dilakukan berdasarkan alamat IP, sangatlah mudah. Kamu tinggal mencoba mengganti alamat IP komputer kamu dengan alamat yang lain untuk melihat apakah proteksi masih terjadi. Bagaimana jika proteksi masih terjadi? Lupakanlah teknik ini, cobalah teknik yang lain.

Untuk merubah alamat IP, kamu harus melakukannya dengan memperhatikan class IP karena tidak sembarang alamat IP bisa kamu gunakan. Untuk melihat kemungkinan alamat IP yang bisa digunakan, perhatikan terlebih dahulu alamat IP dan subnet mask yang sedang digunakan. Saya anggap, alamat IP yang didapatkan adalah :

IP                            : 192.168.0.12

Subnet Mask     : 255.255.252.0

Untuk melihat angka berapa saja yag memungkinkan untuk digunakan, rubah semua penulisan ke dalam bentuk biner seperti berikut :

IP                            : 11000000.1101000.00000000.00001100

Subnet Mask     : 11111111.1111111.11111100.00000000

Saya menulis IP dan Subnet Mask dalam dua baris terpisah dan dengan penulisan bit yang sejajar bukan tanpa maksud atau untuk kerapian. Penulisan ini dilakukan demikian karena perhitungan alamat IP berapa saja yang bisa digunakan sangat tergantung kesesuaian bit-bit ini. Perhatikan baik-baik pasangan dari setiap bit dari IP dengan bit dan Subnet Mask.

1.       Setiap bit alamat IP yang berpasangan dengan angka 1 Subnet Mask, artinya bit tersebut tidak boleh dirubah.

2.       Setiap bit alamat IP yang berpasangan dengan angka 0 Subnet Mask, artinya bit tersebut boleh dirubah.

Hasil dari kedua peraturan di atas membuat alamat IP yang bisa diutak-atik berkisar antara :

11000000.10101000.00000000.00000000 = 192.168.0.0

Sampai dengan

11000000.10101000.00000011.11111111 = 192.168.3.255

Kini, kamu hanya perlu mencoba memasukkan alamat-alamat IP yang berada dalam range ini ke dalam komputer kamu. Tapi tunggu dulu, adalagi dua peraturan tambahan yang belum saya berikan, yaitu :

1.       Dilarang menggunakan alamat host yang terdiri dari angka 0 semua karena digunakan untuk menunjukkan network.

2.       Dilarang menggunakan alamat host yang terdiri atas angka 1 semua karena digunakan untuk alamat broadcast.

Dari kedua peraturan tambahan ini, angka yang bisa kamu gunakan adalah angka di antara 192.168.0.0 – 192.168.3.255, yang berarti 192.168.0.0 dan 192.168.3.255 tidak boleh digunakan. Selamat mencoba

Proteksi Hostname

Proteksi penggunaan internet di kantor berdasarkan alamat IP sangat jarang dilakukan oleh perusahaan besar. Hal ini dikarenakan perusahaan besar yang biasanya mempunyai ratusan komputer ini telah menggunakan DHCP server yang akan memberikan alamat IP kepada komputer-komputer secara otomatis. Dengan DHCP server ini, nomor IP komputer bisa berubah-rubah sehingga proteksi berdasarkan alamat IP tidak memungkinkan lagi.

Salah satu solusi proteksi yang dilakukan adalah dengan melakukan proteksi terhadap nama komputer atau yang sering disebut sebagai hostname. Proteksi terhadap hostname ini sama juga seperti proteksi dengan alamat IP yang bisa dengan mudah atau susah dilewati.

Dengan mengganti nama komputer, kamu mungkin akan bisa melewati proteksi internet ini jika peraturan yang dibuat adalah “semua komputer boleh menggunakan internet kecuali nama komputer A, B, dan C.”

Tidak ada yang menjamin teknik ini akan berhasil, tapi juga tidak ada yang bisa mengatakan bahwa cara ini pasti tidak akan berhasil. Jadi, hanya dengan mencobalah jawabannya akan diketahui.

Proteksi MAC Address

Proteksi akses internet yang juga sangat sering digunakan adalah proteksi berdasarkan alamat MAC. MAC yang merupakan singkatan dari Media Access Control adalah alamat unik permanen di dalam ethernet card.

MAC juga sering disebut sebagai alamat fisik ethernet card karena alamat ini dibuat oleh pabrik berdasarkan aturan-aturan tertentu sehingga alamat ini tidak bentrok baik dalam pabrik yang sama maupun pabrik yang berbeda. Untuk melihat alamat MAC ethernet card kamu, gunakan perintah ipconfig /all pada command prompt.

Banyak yang mengira bahwa proteksi berdasarkan alamat MAC sangat aman untuk dilakukan karena alamat tersebut terdapat di dalam kartu ethernet yang tidak bisa dirubah. Pikiran tersebut tidaklah benar karena selain pengguna bisa mengganti kartu ethernetnya, alamat MAC ini ternyata juga bisa dirubah.

Perubahan ini tentu saja tidak dilakukan secara fisik tapi dilakukan secara software yang melakukan perubahan pada registry seperti yang dilakukan oleh program K-MAC. Program K-MAC merupakan program yang sangat sederhana dan mudah digunakan. Ketika menjalankan program ini kamu akan diminta untuk menentukan kartu ethernet yang hendak dirubah pada kolom Network Card jika kamu mempunyai beberapa kartu ethernet dalam komputer.

Alamat MAC yang sedang aktif akan diperlihatkan pada kolom Current MAC dan alamat yang baru bisa kamu masukkan pada kolom New MAC. Setelah selesai, kamu tinggal mengklik tombol change untuk merubahnya atau mengklik tombol Rollback untuk mengembalikannya ke alamat asli. Restart dan selesailah sudah proses perubahan alamat MAC ini.

Selain K-MAC terdapat program lain juga yang sangat bagus yaitu SMAC. Kekurangan program ini adalah kamu harus membelinya karena program ini tidaklah gratis. Program gratis lainnya yang bisa saya sarankan adalah MACShift yang dibuat oleh Nathan True. Hebatnya adalah program ini disertai dengan source code dan kamu bisa melihat registry mana saja yang akan dirubah untuk melakukan spoofing MAC ini.

Proteksi User Account

Proteksi penggunaan internet berdasarkan login name dan password barangkali adalah proteksi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Jenis proteksi ini menawarkan fleksibilitas tinggi karena memungkinkan user yang bersangkutan menggunakannya pada komputer yang berbeda-beda.

Kelemahan dari sistem ini adalah adanya para orang-orang yang dermawan dan membagi-bagikan username dan passwordnya kepada orang lain untuk digunakan. Akibatnya adalah username yang sama bisa digunakan oleh puluhan orang pada komputer yang berbeda-beda.

Solusinya memang bisa mudah, seperti hanya mengijinkan satu username login sekali tapi masalah ini bisa menjadi susah ketika software yang digunakan tidak memungkinkan hal ini. Celakanya lagi adalah sebagian besar software windows tidak menyediakan fasilitas seperti ini (mungkin akan tersedia pada versi selanjutnya).

Akhirnya para admin memang melakukan berbagai cara seperti mengkombinasikannya dengan melakukan proteksi berdasarkan alamat IP dan MAC untuk pengguna yang bandel agar tidak bisa menggunakan internet.

Lalu bagaimana seorang yang menyebalkan bisa melewati proteksi yang sudah ketat seperti ini? Layaknya seorang politisi yang kalah di negara ini, kamu membutuhkan sebuah koalisi. Namakan saja koalisi penyelamat perusahaan yang bertujuan agar bisa menggunakan internet.

Baiklah, saya mengatakan kamu membutuhkan koalisi bukan untuk melawak tapi memang inilah yang diperlukan untuk melewati proteksi sang admin IT yang ketat. Dengan mendapatkan koalisi dari teman yang mempunyai hak akses, minimal hak untuk browsing, chatting, dll.

Konsep yang digunakan di sini adalah memanfaatkan komputer rekan kamu sebagai perantara atau batu loncatan. Komputer perantara ini pada dasarnya adalah komputer yang akan diinstall sebuah proxy yang dalam hal ini kita manfaatkan program HTTP-Tunnel.

Komputer perantara di sini cukup diinstall dengan program HTTP-Tunnel Client sedangkan pada komputer kamu, bisa saja langsung menggunakan fasilitas ini dengan merubah alamat proxy setiap aplikasi ke alamat HTTP-Tunnel ini.

Percobaan yang saya lakukan, terjadi banyak masalah seperti Yahoo! Messenger yang sudah jelas tidak bisa berjalan dan browsing yang ternyata juga mengalami masalah.

Semua masalah yang dihadapi akhirnya bisa diselesaikan dengan menggunakan program SocksCap pada komputer kita yang menunjuk ke alamat IP HTTP-Tunnel di komputer rekan. Dengan cara seperti ini, aplikasi Yahoo! Messenger dan yang tidak jalan lainnya, tidak perlu dilakukan perubahan, cukup dijalankan melalui aplikasi SocksCap.

Untuk menggunakan konsep seperti ini, pastikan pada komputer yang dijadikan sebagai perantara ini mengaktifkan pilihan “Allow up to two IPs to connect to HTTP-Tunnel” pada menu konfigurasi pada program HTTP-Tunnel.

Program SocksCap yang diinstall pada komputer kamu, pastikan menunjuk ke alamat komputer perantara tadi, pada konfigurasi SocksCap Settings yang bisa diakses melalui File > Settings.

Cara Lain

ini adalah salah satu (salah banyak ding) web yang bisa digunakan untuk melewati proteksi web oleh admin network kampus, kantor atau instansi tempat anda berinternet

Dengan fasilitas web tersebut anda bisa melewati proteksi dari admin (tapi ngga tau jadinya kalo adminnya dah jagoan) Caranya sih gampang tinggal masukin alamat web yang ingin kita tuju (kebanyakan friendster dan youtube yang di blok) nah enter deh… namun kadang fasilitas ini juga agak merepotkan karena kita harus menulis alamat dikolom web diatas,

mugkin cara yang satu ini lebih praktis.. namun juga agak repot… tapi dikit.. nah untuk cara berikutnya langsung saja n ngga usah bertele2 oke untuk cara berikutnya kita memerlukan tambahan software yang bisa juga disebut toonel atau tunel begini cara pakainya : 1.

  • Download Toonel freegate (toonel yang bagus menurut saya) bisa anda download di sini Download freegate ver 677 http://www.ziddu.com/download/2692210/fg677p.exe.html
  • Setelah selesai download langsung saja jalankan freegate (tinggal dobel klik)
  • kalo freegate bekerja dengan lancar tanpa gangguan, freegate akan mencari proxy yang aktif dan mengkonekkan alias menghubungkan anda denga proxy tersebut, dan secara otomatis juga setelah freegate connect dia akan membuka Internet Explorer secara sendirinya
  • internet exsplorer siap digunakan untuk bersurfing dan ber browsing ke situs yang diblokir.  tinggal masukin aja alamat yagdi blokir lewat Internet Eksplorer
  • tips n trik tambahan buat para pencinta Moziilla Firefox. Supaya setingan dari freegate bisa teraplikasi atawa bisa digunakan dalam firefox kita tinggal set aja proxy dari firefox.. caranya :
  1. buka tool >> Option >> buak tab advanced >> buka tab Network >> Setting >> pilih manual proxy configuration
  2. isi kolom HTTP Proxy dengan ip : 127.0.0.1 dan isi port : 8580 setelah itu centang “use this proxy for all protocol”
  3. kalo ngga mau repot2 gonta ganti n ngga mau cape ngetik ip proxy tadi anda bisa gunakan add-ons dari firefox yang bernama switch proxy bisa di download di alamt ini : https://addons.mozilla.org/extension…cation=firefox nah dengan add-ons itu anda dapat menyimpan settingan proxy dan dapat menggantinya sewaktu2 toonel freegate ini juga bisa memperlancar surfing dan browsing,

NB : anda tidak bisa mendownload dari beberapa file sharing jika menggunakan toonel dan anonymous web, tapi kadang2 kalo pake toonel juga bisa

Kalo admin jaringannya memang jagoan dan kejam, seluruh trik diatas mungkin saja tak berlaku ikz… namun tak ada salahnya dicoba dulu Maju Tak Gentar!!!!

Selamat Mencoba

thank to : http://pojokmedia.wordpress.com/2009/06/15/interne/