Themes bisa dianggap sebagai “kulit” untuk tampilan weblog, kulit tersebut dapat saja berganti-ganti tanpa merubah isi dari weblog tersebut. Biasanya di script WP yang kita instal sudah ada bawaan themes standar dan klasik, tapi bisa kog kita ambil dari kontibutor-kontributor themes, seperti :

Upload Themes

  1. Pilih dan download themes yang diinginkan, kemudian extract file-filenya dengan memperhatikan struktur bawaannya, kalau perlu baca readme atau instruksi yang biasa tersedia dari pembuat themes.
  2. Upload file-file tersebut ke web server hostingan dengan menggunakan FTP Client, upload semua isi dari folder themes di dalam directory bawaan WP yaitu dibagian wp-content/themes, jadi misalnya folder themes yang diupload namanya “marron” maka nantinya akan terbentuk directory wp-content/themes/marron disana.

Mengaktifkan Themes

Sebelum bisa tampil, themes harus diaktifkan terlebih dahulu, pastikan semua filenya sudah diupload ke directory wp-content/themes/

  1. Log in ke Admin Panel, pilih menu Presentation
  2. Pilih themes baru yang gambarnya sudah tampil di panel tersebut dengan mengkliknya,
  3. Sekarang theme pilihan sudah aktif, bisa di lihat dengan meng-klik “View Site” di bagian atas panel.

Image-image bawaan, warna background dan juga templatenya bisa dimodifikasikan sesuai selera kita, tapi sebaiknya demi menghormati si pencipta themes, link menuju ke situs author tidak perlu dihapus.

http://rivermaya.wordpress.com/2007/01/28/cara-instal-theme/